Video - PROFILE POMOSDA (Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa) Tanjunganom Nganjuk

By IT Media Jatayu 23 Apr 2016, 22:18:05 WIB


POMOSDA dibangun atas keprihatinan dekadensi pada semua ranah pada permasalahan bangsa dan negara NKRI.Anies Baswedan Nyatakan Pendidikan Indonesia Gawat Darurat. https://www.selasar.com/budaya/anies-....SETITIK KESALAHAN PARADIGMA, MENENGGELAMKAN MASA DEPAN.Ketidak pastian paradigma, nilai-nilai, visi, misi, tujuan, arah dan sasaran, memiliki efek pada tata aturan, tata krama, moral, dan keringnya jiwa, bahkan terbentuknya jiwa-jiwa yang dikendalikan oleh nafsu materialistik. Orientasi kesejahteraan dan kebahagian pada angka-angka dan materi semata, orientasi fatamorgana, kekeliruan orientasi yang menjadi “penyebab” ketidak pastian. 


SADAR  ATAUPUN TIDAK DISADARI SESUNGGUHNYA SEMUA RANAH TERMASUK PENDIDIKAN  SISTEM YANG TELAH TERBANGUN  DAN YANG DIKEMBANGKAN SELAMA INI ADALAH SISTEM KAPITALIS, ORIENTALIS, SEKULER MATERIALIS. PARADIGMA INI BERPENGARUH TERHADAP CARA KERJA, DAN CARA MEMPEROLEHNYA, SERTA HASILNYA. 


MEMANG PENDIDIKAN TELAH MAMPU MENCETAK MANUSIA-MANUSIA YANG MAMPU MEMBANGUN GEDUNG PENCAKAR LANGIT NAMUN GAGAP, JATUH TERPELANTING DALAM PERILAKU SOSIAL DAN KOMUNIKATIF, MAMPU MENEMUKAN DAN MENGEMBANGKAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI, NAMUN MERAYAP DALAM MORAL DAN ETIK;  MENCETAK DOKTER-DOKTER YANG MAMPU MENDIAGNOSA BERBAGAI PENYAKIT, NAMUN KESULITAN MENDIAGNOSA PERMASALAHN MENGENAI DIRI, DAN KEBINGUNAN MENGENAL MENGENAI HAKEKAT JATI DIRI.


BELAJAR ADALAH TANGGUNG JAWAB INDIVIDUAL. JIKA SISTEM PENDIDIKAN TIDAK MENDUKUNG, KITA HARUS MENCARI TAHU SENDIRI. Sistem pendidikan kita tidak membangun kesadaran dengan paradigma kemandirian, komunikatif, kreatifitas, dan innovasi kecuali hanya untuk menjadikan faham buruh (followerness), latah (talketive). Pendidikan kita hanya menyiapkan eforia kulit, superfisial dan ke-populis-an.



Hal yang sering menjebak adalah kesuksesan dan kualitas diukur dari sisi luar (tetangga, orang lain, instansi lain, negara lain.
sebagai tanggungjawab kita semua, DISINILAH POMOSDA "MENCOBA" dalam keprihatinan situasi dan kondisi, berpartisipasi menjawab alternatif "solusi". 


PROFIL POMOSDA. 


POMOSDA (Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa), Berdiri pada tahun 1995 oleh pendirinya yakni Alm Almaghfurllah Kh Moh. Munawwar Afandi. POMOSDA termasuk Unit Pelaksana Pendidikan dibawah naungan Yayasan Lil Muqorrobien yang menerapkan satu kesatuan sistem madrasah atau sekolah dengan pondok. pada awal berdirinya POMOSDA menyelenggarakan pendidikan tinkat menengah atas yang saat itu bernama MA POMOSDA, Kemudian ditahun 2000 POMOSDA mendaftarkan legalitas pendidikan dibawah kementrian pendidikan dengan nama SMA POMOSDA. 


Yang mengangkat paradigma pendidikan ditempatkan pada orientasi nilai-nilai moral dan mental dengan basis ketauhidan merupakan hal essensial guna menjawab tantangan pendidikan selama ini. hal ini tidak bisa tidak, yakni menmpatkan keillahian dipandang sebagai refrensi yang bersifat mutlak. guna membangun kesadaran ulul albab kesadaran dalam makna inti memanusiakan manusia menempatkan unsur kejadian manusia secara proporsional dan komprehensif (kaffah) lahir dan batin. 


Dalam perkembanganya POMOSDA menyelenggarakan pendidikan Tingkat Tinggi di tahun 2000, dan pendidikan menegah pertama di tahun 2007. untuk semua santri SMP maupun SMA diwajibkan berasrama hal ini dilakukan untuk memberikan kesan yang mendalam terkait dengan pembinaan pendampingan dari pendidik ro'y dan santri atau murid ro'yinya. Sedangkan untuk mahasiswa disediakan fasilitas berasrama. selama 24 jam antara pendidik dan santri bersama dalam satu kesatuan sistem. dalam pelaksanaan kegiatanya ditetapkan jadwal yang telah disusun sedmikian rupa. untuk bisa dijalankan bersama- sama. Meliputi Kegiatan sholat erjama'ah, Kegiatan mandiri, atau kebersihan diri, sarapan(makan bersama), Kegiatan belajar mengajar dikelas, Kegiatan pengembangan diri yang terdiri dari extrakurikuler dan pengembangan keterampilan santri termasuk juga kegiatan belajar mengaji. sholat berjama'ah menjadi bagian 



pendidikan pembentukan karakter di POMOSDA .
 

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video