PERTANDA DITENGGELAMKANNYA YANG BATHIL

By IT Pomosda Pada : 09 Mar 2016, 12:24:35 WIB, - Kategori : PERTANDA DITENGGELAMKANNYA YANG BATHIL

Gerhana matahari terjadi 350 tahun sekali, sikap dan budaya manusia sudah berubah, dan selama itu ilmu tauhid telah ditinggalkan. Seperti cerita askabul kahfi  dan pengalaman bangsa Indonesia selama 350 tahun dijajah sehingga ilmu tauhid tidak bisa berkembang.
Mudah-mudahan di tahun ini merupakan pertanda ditenggelamnya yang bathil.(jaal haq wa jahuqol bathil). Semua peristiwa tidak lepas dari pantauan Allah. Alam menggambarkan apa yang ada di dalam batin. Sesuatu jika tidak dikaitkan dengan yang batin akan menjadikan dilupakan Allah dan berakibat azab. 2x rukuk 2x sujud. Rukuk--> adab, manusia sebagai hamba (ikatan persaksian yg makrufatun).
Hati untuk ditempatkan pada penghambaan. Orang tidak bisa melaksanak sujud bila tidak dimakrufati. Adam dalam ketiadaan fisik, lahir dan batin. Sujud bukan karena perintah adam untuk disujudi, tapi karena perintah Allah. Orng yang lalai--> orang yang tidak kenal dengan Tuhan. Setiap rosul diutus dengan al huda(cahaya)--> supaya dapat digunakan untuk membaca keadaan dunia. Bacalah dg keimanan. 
 
Resensi Khutbah sholat Gerhana Oleh Susiana Rahmawati (Ustdzah SMA Pomosda)