MENGENAL LEBIH DEKAT DENGAN SAYUR
Sayur Sehat POMOSDA

By Media Pomosda 02 Jan 2017, 20:38:35 WIBPertanian

MENGENAL LEBIH DEKAT DENGAN SAYUR

Keterangan Gambar : Sayuran milik salah satu warga jatayu



Sayur merupakan salah satu bahan pangan yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Sayur biasa digunakan sebagai pendamping nasi melalui proses pengolahan seperti perebusan, pengukusan, tumis, maupun dikonsumsi langsung sebagai lalapan.

   

Kandungan gizi yang terdapat pada sayur antara lain karbohidrat yang sebagian besar dalam bentuk selulosa/serat kasar, pati dan gula sederhana dalam bentuk glukosa, fruktosa dan sukrosa. Sayuran mengandung sedikit protein dan lemak. Sayuran juga mengandung bahan fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan seperti karotenoid, fenol, senyawa bioaktif seperti saponin dan sterol. Beberapa senyawa tersebut memiliki fungsi sebagai antioksidan dan anti kanker.

Beberapa hal yang menentukan mutu sayuran antara lain: warna, tekstur, rasa dan kandungan gizi. Sayuran dengan pigmen warna tertentu mempunyai efek fisiologis yang berbeda. Berikut disajikan tabel beberapa senyawa fitokimia dan fungsinya.

Tabel 1 Senyawa fitokimia, sumber dan efek fisiologisnya

 

 

TIPS MEMILIH SAYURAN : 

  • Pilih sayuran yang segar
  • Utuh, tidak memar/sobek akibat gangguan mekanik, tidak benyek, busuk, berlendir dan berwarna pudar.
  • Sayuran yang berlubang bekas gigitan ulat menandakan sayuran dengan pestisida rendah

Setelah mengetahui kandungan dalam pigmen warna alami sayuran. So, tak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi berbagai macam sayur dengan aneka warna alaminya. Seperti salah satu program yang diterapkan di POMOSDA yaitu Kemandirian Pangan yang mengusung Pola Tanam Sehat dan Amanah yang menanam sayur dalam polibag dan vertical paralon (verticulture) yang menggunakan pupuk cair organic dan tanpa pestisida. Sehingga, menghasilkan sayur sehat dan sudah tentu organik yang memberikan nilai tambah pada efektivitas pigmen warna dalam sayur untuk menjalankan fungsinya dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

Semoga kesehatan senantiasa Allah limpahkan untuk kita semua. Amin… 

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 30 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment